5 Tips Mengendalikan Kadar Asam Urat yang Tinggi, Sudah Tahu?

waktu baca 3 menit
Minggu, 13 Nov 2022 07:54 0 21 Belinda Safitri

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang juga banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit tersebut disebabkan oleh terlalu banyaknya kadar asam urat dalam sistem tubuh. Kondisi tersebut akhirnya mengarah pada pembentukan kristal asam urat yang mengendap di persendian.

Kadar asam urat sendiri bisa meningkat disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Khususnya ketika seseorang sering mengonsumsi ikan teri, jeroang, hingga makanan laut seperti kerang dan kepiting.

Sejumlah gejala alami seperti sendi bengkak, lunak, dan merah adalah tanda bahwa seseorang kemungkinan besar telah terserang penyakit asam urat. Bagi kamu yang pernah mengalaminya, maka mulai sekarang perlu lebih waspada.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kadar asam urat yang tinggi? Simak penjelasan di bawah ini, ya.

5 Tips Mengendalikan Kadar Asam Urat yang Tinggi

Berikut sejumlah tips mengendalikan kadar asam urat yang tinggi:

1. Mengonsumsi vitamin C

Hasil studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C memiliki kadar asam urat yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit.

Terkait hal itu, kandungan vitamin C memang dinilai dapat menurunkan risiko asam urat. Adapun sejumlah makanan yang mengandung banyak vitamin C di antaranya, yaitu buah jeruk, paprika, stroberi, brokoli, kubis, hingga kentang.

2. Kurangi konsumsi alkohol 

Alkohol terutama bir dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit asam urat. Faktanya, studi menemukan bahwa orang yang rentan terhadap serangan asam urat harus menghindari bir khususnya saat gejala asam urat mulai terlihat.

Oleh karena itu, jika saat ini kamu masih memiliki sering mengonsumsi alkohol, maka kebiasaan tersebut sudah sebaiknya dikurangi mulai saat ini. Hal itu demi kesehatan tubuhmu agar tak mudah terserang penyakit.

3. Batasi konsumsi makanan manis

Makanan manis cenderung dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat dan memicu terjadinya asam urat. Hal itu terkhusus jika makanan yang dikonsumsi mengandung pemanis buatan.

Terkait hal itu, penting untuk membatasi asupan terhadap makanan manis. Misalnya saja kue kering, permen, sirup, soda, hingga jus kemasan. Meski hal tersebut mungkin akan terasa sulit, tapi cobalah lakukan secara perlahan hingga akhirnya nanti kamu akan terbiasa.

4. Lakukan diet rendah purin

Diet rendah purin merupakan jenis diet yang cocok untuk orang dengan kadar asam urat tinggi. Jika kamu tertarik mencoba diet yang satu ini, maka ada sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi.

Makanan diet rendah purin yang dimaksud, yaitu sayuran, buah-buahan, hingga biji-bijian. Selain itu, produk susu, ikan, dan minyak nabati juga menjadi makanan yang baik dikonsumsi jika kamu ingin menjalani diet rendah purin ini.

5. Mengonsumsi air putih yang cukup

Siapa nih yang masih malas minum air putih? Jika kamu salah satunya, maka segera hentikan kebiasaan buruk itu, ya. Nyatanya, minum air putih sangat penting bagi kesehatan. Bahkan, minum air putih yang cukup juga dapat menurunkan risiko terhadap sejumlah penyakit, salah satunya asam urat.

Terkait hal itu, studi menunjukkan bahwa air putih dapat membantu menurunkan hingga membuang kadar asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan kamu mencukupi kebutuhan air putihmu setiap hari, ya. Dalam hal ini, konsumsi setidaknya delapan gelas per hari.

Itulah 5 tips mengendalikan kadar asam urat yang tinggi. Mulai sekarang yuk terapkan pola hidup sehat agar tubuh terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *