x

Tips Rebus Sayuran agar Tetap Segar dan Sehat, Begini Cara Memasaknya

waktu baca 3 menit
Sabtu, 28 Mei 2022 00:08 0 75 Netizen Indonesia

Sayur-sayuran segar penting di komsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh agar sehat dan bugar. Alasannya, nutrisi pada sayuran menjadi sumber energi  dan vitamin sebagai langkah memenuhi kebutuhan gizi.

Beberapa cara lakukan sebagian orang supaya kesegaran maupun kualitas gizi pada sayuran terjaga. Baik memasak, cara mencuci hingga penggunaan bahan lain pun menjadi langkah mudah agar sayuran tetap hijau segar.

Cara Rebus Sayuran agar Tetap Segar

Tambahkan Garam

Salah satu cara rebus sayuran tetap segar dengan menambahkan garam. Rasa asin pada garam memberi pengaruh pada warna tidak membuat nutrisinya hilang.

Caranya mudah potong-potong dan cuci bersih semua sayuran. Kemudian rebus air sampai mendidih dan taburi sedikit garam masak selama 1-2 menit baru kemudian redam dalam air es beberapa saat terus tiriskan.

Alasan tambahkan garam pada sayuran ketika merebus akan mempercepat pematangan dan pemecahan hemiselusa, Adalah zat membantu menyatukan serat sehingga tambahan garam meminimalkan hilangnya nutrisi dan tetap segar.

Hindari Memasak Sayuran Ketika Air Belum Mendidih

Hal lain supaya sayuran  segar saat masak dengan air hindari memasukkannya dalam kondisi air belum mendidih. Alasannya akan kurangi kadar vitamin C pada sayuran 10-12 kali lipat dan tidak renyah lagi. Selain itu, vitamin C akan menguap, bahkan sayuran akan lembek.

Gunakan Es Batu

Cara merebus sayuran agar tetap hijau serta segar dengan menggunakan es batu. Caranya mudah setelah sayuran matang langsung masukkan ke dalam air es atau es batu selama beberapa saat. Air es berfungsi sayuran cepat dingin sehingga kandungan nutrisi tetap terjaga kesegarannya.

Pakai Minyak Sayur

Minyak sayur menjadi cara terbaik membuat sayuran tahan lama yang caranya mudah dengan menambahkan minyak secukupnya ke dalam sayuran telah masak

Satu sendok minyak sayur bisa tambahkan ke dalam sayuran untuk 1 liter air saat merebus. Sesudah matang baru kemudian tiriskan atau bisa langsung masukkan ke dalam air es selanjutnya tiriskan.

Cuci Sayuran Pakai Air Mengalir

Langkah lain agar sayuran tetap segar saat merebus sayuran dengan mencucinya pakai air mengalir. Kemudian selain air mengalir juga cara memotong sayuran mempengaruhi nutrsi. Maka, alangkah baiknya potong sayuran ukuran besar untuk meminimalsir zat hilang dan pasti sayurab tetap awet.

Rebus Pakai Panci Stainless

Alat masak yang akan gunakan dalam merebus sayuran ternyata verpengaruh pada kualitas. Panci stainless salah satu cara menjaga kualitas sayuran, karena mampu mengurangi kontaminasi dengan asam. Itulah beberapa cara merebus sayuran tetap segar dan tahan lama yang bisa menginspirasi.

Rebus Sayur dengan Air Mendidih

Cara  agar sayuran segar dengan merebus air mendidih selama kurang lebih 2 menit hingga oksigen menguap. Bila sayuran rebus dalam air mendidih oksigen bisa menguap, maka biarkan air mendidih baru kemudian masukkan sayuran.

Rendam Sayuran yang Telah di Rebus ke dalam Air Dingin

Sayuran segar telah masak bisa juga redam dalam air dingin dengan caranya rebus sampai matang dengan air garam, angkat, tiriskan dan setelah itu redam pakai air dingin selama beberapa saat.

Cara ini membuat sayuran telah masak menjadi lebih renyah, empuk dan segar. Maka hal ini perlu mendapat perhatian ketika memasak sayuran jika ingin tetap segar. Itulah beberapa cara rebus sayuran tetap segar dan sehat yang bisa coba dan menginspirasi.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x