x

Wajib Tahu Dampak Negatif Ketika Malas Update Software

waktu baca 3 menit
Selasa, 8 Nov 2022 22:34 0 62 Netizen Indonesia

Mungkin Anda seringkali merasa risih karena terus-menerus mendapatkan notifikasi update software hp atau komputer. Pasti tidak jarang Anda merasa malas update software dan  berakhir mengabaikan notifikasi update tersebut. 

Namun, perlu Anda tahu jika mengabaikan notifikasi tersebut akan membuat software hp atau komputer Anda tidak mengalami pembaruan. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan berbagai dampak negatif yang jarang orang tahu. 

Apa Saja Dampak Negatif dari Malas Update Software?

Mungkin Anda merasa aman-aman saja jika memilih untuk mengabaikan notifikasi update dan tidak melakukan update software. Ternyata malas update software dapat menimbulkan berbagai dampak negatif tanpa Anda sadari. 

Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui apa saja dampak negatif dari malas melakukan pembaharuan software

1. Perangkat Menjadi Lemot

Dampak negatif pertama yang akan Anda rasakan adalah perangkat menjadi lemot. Sadar atau tidak Anda pasti pernah mengalami kondisi dimana perangkat menjadi lelet atau lemot untuk dioperasikan. 

Perlu Anda tahu, jika update software adalah fasilitas download aplikasi dan sistem operasi secara gratis untuk memperbaiki fitur yang sebelumnya. 

Fitur yang sebelumnya tidak berjalan dengan baik akan diperbaiki dan terdapat penambahan fitur penunjang untuk membuat perangkat semakin optimal. 

2. Rawan Kebocoran Data

Dampak dari malas update software memang cukup menakutkan salah satunya rawan terjadi kebocoran data. Anda pasti tahu jika dalam suatu perangkat terdapat data-data penting yang tidak boleh bocor. 

Maka untuk mencegah kebocoran data, Anda harus rajin melakukan update software. Update software akan memaksimalkan keamanan data pada perangkat Anda baik hp maupun komputer.

Ketika Anda mengabaikan update software, maka kemungkinan data Anda mengalami kebocoran akan semakin besar. 

3. Baterai Perangkat Menjadi Boros

Sadar atau tidak bahwa salah satu penyebab baterai perangkat menjadi cepat habis atau boros karena tidak meng-update software. Hingga saat ini masih banyak yang tidak percaya bahwa dengan update software, baterai perangkat menjadi lebih awet. 

Ketika Anda lebih memilih untuk mengabaikan notifikasi pembaruan software. Maka jangan heran jika baterai perangkat menjadi lebih cepat berkurang daripada sebelumnya. 

4. Perangkat Mudah Rusak 

Apabila Anda mengabaikan notifikasi update software, maka Anda harus siap untuk berganti ke perangkat baru. Hal ini karena salah satu dampak negatif dari tidak update software adalah perangkat menjadi mudah rusak. 

Tidak banyak yang tahu, jika update software akan membuat perangkat yang Anda gunakan menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. 

Alasan Mengapa Sering Mengabaikan Update Software

Tidak semua orang memang merasa malas untuk memperbarui software. Ada sebagian orang yang tidak update software karena alasan tertentu seperti berikut ini. 

1. Nyaman dengan Versi Lama

Terkadang orang yang tidak memperbarui software perangkat karena merasa nyaman dan puas dengan versi lama. Apalagi ketika pengembang juga memperbaiki user interface yang akan membuat pengguna harus kembali beradaptasi. 

2. Memory Menjadi Penuh

Setiap ada pembaruan software tentunya membutuhkan memory untuk menerima update tersebut. Maka tidak heran jika orang merasa bahwa update software hanya akan membuat penuh memory. 

3. Versi Baru Bermasalah

Sebagian orang lebih memilih untuk menunda pembaruan software karena ingin melihat review dari pengguna lain terlebih dahulu. Ketika terdapat pengguna yang memberikan review negatif, maka Anda pasti memutuskan untuk tidak melakukan update software. 

Setelah mengetahui lima dampak negatif beserta alasan dari malas update software diatas.  Tentu sekarang Anda sudah mengerti seberapa pentingnya untuk melakukan update software. 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x